LAPORAN KEGIATAN TAHUN 2023

Horas Tondi Madingin, Pir Tondi Matogu…

Sesuai standar aturan yang berlaku dan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Perkumpulan Paposma Se Dunia, kami bertindak atas nama Pengurus menyampaikan laporan kegiatan selama tahun 2023. Kami telah merangkum seluruh kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebagaimana tertuang dalam lampiran.

Demikian Pemberitahuan dan Laporan Kegiatan Perkumpulan Tahun 2023 ini kami sampaikan Kepada Dewan Pengawas dan Para Penasehat, teriring salam dan hormat kami atas perhatiannya, atas nama Pengurus Perkumpulan kami mengucapkan terima kasih.

APA YANG SUDAH DILAKUKAN PERKUMPULAN PARSADAAN POMPARAN RAJA SIMATANIARI SIANTURI BORU DOHOT BERENA SE DUNIA [PAPOSMA SE DUNIA]?

  1. Telah melantik dan menerbitkan 14 (empat belas) SK (2 DPW & 12 DPD);
    1. DPW Prov. Sumatera Utara,
    2. DPW Prov. Jambi,
    3. Medan (DPD), memiliki 11 sektor,
    4. Paposma Kodya Tebing Tinggi (DPD), memiliki 5 sektor,
    5. Paposma Kodya Jambi (DPD),
    6. Paposma Bandung Raya (DPD), memiliki 9 sektor,
    7. Paposma Bekasi (DPD), memiliki 3 sektor,
    8. Paposma Kodya Binjai & Kab. Langkat (DPD),
    9. Paposma Kab. Labuhan Batu (DPD),
    10. Paposma Kodya Tanjung Balai (DPD),
    11. Paposma Kab. Dairi & Kab. Pakpak Bharat (DPD), memiliki 9 sektor,
    12. Paposma Kodya Sibolga & Kab. Tapanuli Tengah (DPD), memiliki … sektor,
    13. Paposma Kodya Lampung (DPD),
    14. Paposma Duri Kab. Bengkalis (DPD).
  2. Telah melaksanakan 2 acara skala nasional antara lain sbb;
    1. Partangiangan Parningotan 100 Tahun di Tugu Raja Simataniari Sianturi Lobutolong pada hari Kamis, tanggal 16, bulan September, tahun 2021, terbatas karena ada aturan pembatasan orang untuk berkumpul akibat pandemi covid19. Dengan dana sumbangan sukarela.
    2. Pesta Partangiangan Sepuluh Tahunan Ke-7 (1963-2023), pada hari pertama Kamis, 22 Juni 2023, di Lobutolong bagasan, Lobutolong, hari kedua (puncak) Jumat, 23 Juni 2023 dan hari Sabtu, 24 Juni 2023 di Gedung Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit. Dengan menghabiskan biaya lebih dari Rp. 900.000.000 (Sembilan ratus juta rupiah), dengan sisa dana Rp. 80.000.000 (delapan puluh juta rupiah) yang sudah diterima dan masuk dalam kas Perkumpulan
  3. Untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, penguasaan teknologi, dan kualitas sumber daya manusia PAPOSMA, sehingga mampu beradaptasi dan berkompetisi pada era globalisasi, Perkumpulan Parsadaan Pomparan Raja Simataniari Sianturi Boru dohot Berena (Paposma) Se Dunia telah mengadakan MoU dengan IT Del Laguboti pada tgl 24 Juni 2023 yang lalu, dengan lingkup kemitraan dan kolaborasi, seperti sebagai berikut dibawah ini:
    1. Pemberian kemudahan khusus penerimaan masuk Perguruan Tinggi,
    2. Pengembangan SDM dalam Pendidikan seperti pemberian beasiswa pendidikan, subsidi pembiayaan program-program pendidikan, magang, pelatihan.
  4. Dan telah menjalankan 2 (dua) kali kegiatan pencetakan kalender Perkumpulan untuk tahun 2023 dan tahun 2024.

BAGAIMANA DENGAN PENDATAAN ANGGOTA PERKUMPULAN?

Saat ini sudah mempersiapkan e-formulir untuk pendataan anggota, permohonan pendirian sekretariat di Provinsi dan kab. / kota, dan selanjutnya menata-administrasikan data secara regular, baik bagi yang berada di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri. Pendataan ini perlu secara berkesinambungan.

Kami dari Pengurus Paposma Se Dunia mengharapkan dukungan dari segenap insan Pomparan Raja Simataniari dimanapun berada, dengan berbagai macam bentuk dukungan, seperti Contoh: sosialisasi positif, pro aktif dan ambil bagian menjadi bagian Pengurus, kami masih banyak kekurangan, untuk itu kami terbuka untuk masukan dan kritik yang membangun. Masih ada beberapa komunitas diberbagai kota di Indonesia yang belum mendeklarasikan komunitasnya didalam Perkumpulan Paposma Se Dunia.

Mari kita melihat dengan kacamata positif dan jangan selalu dengan kacamata negatif, kita jangan seperti bangsa Israel yang dipimpin oleh Nabi Musa keluar dari perbudakan di Mesir. Mari kita syukuri apa yang bisa kita capai. Semoga Tuhan semakin Memberkati kita Sekalian dan bisa menjadi berkat buat yang lainnya. Amin

Demikian laporan kegiatan tahun 2023 ini kami sampaikan, atas segala kekurangan kami atan nama Pengurus Perkumpulan menyampaikan permohonan maaf, atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

“Asa Napuran tano tano Rangging marsiranggoman Nangpe badanta i padao dao tondinta ma marsigonggoman.” Horas!