TATA CARA PEMBERIAN ULOS DALAM DUKA CITA

Tata cara pemberian ulos bilamana seseorang yang sudah menikah dan berkeluarga meninggal dunia.

Apabila seseorang yang sudah menikah dan berkeluarga meninggal dunia, dalam acara adat budaya batak itu terjadi penyerahan Ulos. Dibawah ini diberikan uraian tentang 3 macam ulos tersebut:

  • Cara pemberian Ulos Sampetua yang diberikan kepada suami dan isteri yang berduka karena meninggalnya (suami atau istri) bagi yang tergolong kategori Saurmatua, Saurmatua Bulung. Ulos tersebut diberikan adalah semata-mata merupakan tanda berkabung. Cara penyampaiannya, tidak dikerudungkan di atas kepala yang berduka tetapi diletakkan di atas bahu bagi penerimanya cukup saja diuloshon dengan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Batak Toba: Hamu Namboru (atau Amangboru) naung ganjang do umur ni Amangboru (manang Namboru) dilehon Tuhanta sahat tu na Saurmatua, Saurmatua Bulung jala torop pinompar ni anak dohot pinompar ni boru sahat gabe marnini jala marnono. Ndang tama be hita didondoni arsak ni roha, alai saluhutna i taboan ma dibagasan tangiang huhut mandok mauliate tu Tuhanta siala godang ni denggan basana na tajalo di ngolunta. On pe pasahatonnami do tu hamu Ulos Sampe Tua mardongan tangiang nami, sai boi dope dilehon Tuhanta i gumanjang umur muna dibagasan hahipason dohot las ni roha pairingiring angka pomparanmi. Bagi yang menerima ulos Sampatua pada dasarnya tidak dibenarkan lagi kawin, kecuali ada pertimbangan yang sangat urgent. Penerima Ulos Sampetua tidak ada lagi dilakukan acara pembukaan. Karena pemberian ulos ini adalah bermakna ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya kepada suami atau istri yang meninggal telah mencapai usia lanjut dan menikmati hagabeon telah dikaruniai Tuhan beranak cucu atau cicit.
  • Cara pemberian Ulos Tujung ialah menyampirkan dari sebelah kanan melewati di atas kepala sampai ke sebelah kiri, biasanya sampai menutupi muka yang bersangkutan. Cara pemberian seperti di atas adalah terutama bila yang meninggal itu masih ada tanggung jawab terhadap anak-anaknya, masih sekolah atau belum kawin. Sifat meninggal demikian disebut “Mate Mangkar”. Sambil memberikan Ulos Tujung yang biasanya terjadi dengan penuh haru, ungkapan berikut misalnya dapat diucapkan: “Hamu Ito (bila suami yang meninggal), “Hamu Hela (bila si isteri yang meninggal), ruhut ni adatta do molo masa sitaon on arsak ni roha na ampe tu pargellengon na songon on, mangihuthon adat pasahatonnami ma Ulos on, huhilala rohanami do dokdok ni panghilalaan muna siala sitaonon on. Jadi dohononnami ma, saluhut angka na masa tangkas do i diida jala diboto Tuhanta, jadi gogo ma hamu martangiang anggiat tibu dilehon Tuhanta apulapulna na sumurung i tu hamu. Asa marbenget ni roha jala margogo hamu satongkin di parungkilon na ampe tu hamu di tingki on jala asa dipadao Tuhanta i ma arsak ni roha dohot pandeleon sian hamu. Tu Tuhanta i ma arsak ni roha dohat pandeleon sian hamu. Tu Tuhanta i ma pasahat hamu arsak ni rohamuna on, ai Ibana do pangapul na lumobi. Ingot hamu ma: Hotang binebe bebe Hotang pinulos pulos Unang hamu mandele. Ai godang do tudostudos. Boti ma.
  • Untuk dipahami saja bahwa Ulos Tujung adalah satu ulos yang diberikan Hula-hula kepada yang ditinggalkan yaitu Janda atau Duda. Falsafah pemberian ulos ini adalah suatu pengakuan resmi dari kedudukannya seorang yang menjadi Janda atau Duda berada dalam satu keadaan duka yang terberat dalam hidup seseorang, ditinggalkan untuk selama-tamanya oleh teman sehidup semati. Sekaligus berupa pemyataan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya dari pihak Hula hula. Ulos Tujung biasa kita lihat diberikan dari jenis Ulos Sibolang, yang memberikan Ulos Tujung harus orangtua langsung dari si isteri jikalau tidak bisa hadir atau sudah meninggal oleh abang/adik kandung si isteri pokoknya dari keluarga terdekat dari Hula hula itu. Biasanya Ulos Tujung diberikan pada hari pertama yang meninggal itu, tetapi ada juga yang memberikan pada pagi hari penguburan.
  • Acara Membuka Tujung – Pada akhir-akhir ini, terlebbih di jabodetabek, acara pembukaan tujung itu dilaksanakan setelah peti jenazah sudah masuk ke dalam mobil jenazah, namun di daerah lain dan dibonapasogit, acara pembukaan tujung masih tetap dilakukan pada malam harinya setelah kembali dari tempat penguburan. Yang mengadakan acara pembukaan tujung itu ialah pihak Huiahula yang dulunya pihak yang menyampaikan ulos tersebut kepada Borunya. Untuk pelaksanaannya acara ini telah disiapkan lebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk itu yaitu air putih dalam baskom, air putih bersih satu gelas, sekedarnya beras di dalam sebuah piring. Dimana Janda atau Duda yang bersangkutan sudah duduk dengan memakai Ulos Tujung di atas kepalanya didampingi oleh anak-anaknya. Hula-hula datang mendekat dengan bahan-bahan yang telah disiapkan. Mula-mula dibukalah Ulos Tujung dari kepala yang bersangkutan dan dilepaskan dari badannya dan biasa terus dilipat dan diletakkan di samping sambil mengucapkan kata-kata berikut:
    • Hamu Borunami/Helanami. Dapot ma tingkina ungkaponnami tujung on sian Simanjujung muna. Sai bungka jala ungkap ma ari na tiur di hamu. Sai lam tu neangna ma panghilalaanmuna asa lam sumuang gogomu tu joloan ni ari on, marhitehite asi ni Tuhanta. Ihut tusi dibuat ma aek na di baskon i, dung i disuaphon ma 2 hali tu bohi ni na sinuapan i huhut ma didok: Husuapi ma hamu dohot aek sitiotio on, asa tio ma parnidaonmuna asa minar nang panailimuna. Diapusi Tuhanta ma iluilu sian simalolongmuna asa tangkas tiur ari idaonmuna, laho mandalani ngolumuna tu joloan on. Sai dapot ma di hamu songon nidok ni umpasa:
    • Sai bagot na madungdung ma tu pilopilo na marajar, Sai salpu ma na lungun Sai ro ma na jagar.
    • Dung i, dipainumhon aek sitiotio na di galas i. Huhut didok, mum hamu ma aek sitiotio on. Asa sai tio ma pardalananmuna tio parhorasan dohot panggabean tu joloan on ditumpak asi ni roha ni Tuhanta.
    • Pangujungina dijomput ma boras na sian bagasan piring i diampehon tu ulu ni Boru/Hela i, huhut dihatahon umpasa:
    • Tinapu ma bulung siarum Bahen uram ni porapora Tibu ma na hansit I malum Soluk ma ro silas ni roha.
    • Eme Sitamba Tua Parlinggoman si Siborok Tuhanta ma silehon tua Hipas hipas ma hamu diparorot.
    • Udut tusi dijomput ma muse boras i diampehon tu simanjujung ni angka ianakhonna i sude. Dung i rap mandok ma Horas 3 kali. Demikianlah tata cara adat berkaitan dengan memberi dan membuka tujung.
    • Seterusnya dilanjutkanlah acara itu dengan makan bersama. Biasanya Hula hula telah siap membawa Indahan apul-apul dan menyampaikan dengke sitio-tio, dengke sahat agar keluarga Borunya itu dapat hendaknya terhibur dan sahat tarapul pada masa-masa yang akan datang.
  • Makna dari “Buka Tujung” ialah bahwa sejak Tujung dibuka maka Janda atau Duda yang bersangkutan sudah bebas, bolehlah bebas bekerja, mengerjakan pekerjaannya yang biasa untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam keluarga untuk mengurus anak-anak sekolah yang masih memerlukan bimbingan dan pengurusan seperlunya. Bilamana yang dibuka Tujung itu adalah si suami (isterinya yang meninggal) maka di dalam buka tujung itu terselip satu makna dari pihak Hula-hulanya bilamana ketemu jodoh sudah diikhlaskan untuk kawin lagi. Menurut Ruhut Parmahanion dohot Paminsangon (RPP) HKBP 1987 Bab IV-1-7, telah diatur mengenai hal ini sebagai berikut: Adalah menjadi fakta dalam kehidupan masyarakat Batak bahwa seorang istri yang jadi Janda, bilamana telah memperoleh anak, terutama laki-laki, tidak ada niat lagi untuk kawin, tetapi terus akan mengurus dan membesarkan anak-anaknya dan tetap tinggal dalam lingkungan keluarga mendiang suaminya, sampai dia tua dan meninggal sebagai paniaran dari kelompok marga suaminya. Pendeknya si janda, biar pun masih relative muda, akan menjunjung tinggi peninggalan dan marga suaminya yang juga adalah marga dari anak-anaknya.
  • Apabila suami yang meninggal dunia baik ia meninggal di paralangalangan yang disebut “Mate Mangkar” maupun meninggal dalam kategori “Sarimatua, Saurmatua atau Saurmatua Bulung”. Tulangnya yang tetap berkewajiban memberikan Ulos Saput.
  • Jadi tata cara penyerahan ulos ini hanya diherbangkan di atas peti mayat tersebut dengan tentu disertai ucapan-ucapan pepatah-petitih Batak Toba oleh Tulang sebagai kata-kata penghiburan kepada keluarga berenya yang berdukacita. Biasanya ulos yang dipakai sebagai ulos adat yang diberi nama ulos Saput dan juga ulos Tujung adalah dari jenis Sibolang.
  • Disinilah secara jelas kelihatan indahnya adat Batak Toba itu, karena tata hubungan kekeluargaan itu dijaga ketat dan tetap terpelihara sampai tua, contohnya: Pada waktu perkawinan berenya Tulangnya itulah yang berhak “Sijalo Tintin Marangkup”, untuk realisasinya orangtua pengantin wanita dan orangtua pengantin pria secara bersama-sama datang menjumpai Tulang dari pengantin pria di tempat duduknya. Orangtua pengantin wanita berkata: “Hamu haha ni parhundul nami, marga … godang do hujalo hami Sinamot ni Borunta i, uli ma rohamu manjaloon, Pangintubu do hami di borunta i, anggo painundun hamu do”. Artinya, orangtua pengantin wanita menyerahkan sejumlah uang sebagai bagian dari Sinamot yang diterimanya pada Tulang dari helanya yang disebut “Jambar Tintin Marangkup”. Dengan demikian Tulang dari pengantin pria berkewajiban memperlakukan istri dari berenya itu sebagai borunya. Perlu dijelaskan bahwa kebiasaan yang berlaku di masyarakat Batak Toba, demikian juga kita lihat di Bona Pasogit bahwa yang disebut Ulos Saput adalah dikembangkan di atas peti mayat di sana disebut Ulos Tutup Batang (Ulos Penutup Peti Mayat). Ulos ini nantinya akan diambil oleh boru dari Suhut Bolon. Bilamana bapaknya yang meninggal dunia yang berhak mengambil Ulos Tutup Batang itu adalah Boru siangkangan. Dan sekiranya Ibunya yang meninggal dunia itu, yang berhak mengambil Ulos Tutup Batang itu ialah Boru Siampudan.

Saran-Saran

  • Porlu dope hita manggali kebudayaan i marhite manjaha buku dohot mambahen penelitian asa taantusi tangkas ruhut-ruhut ni kebudayaan i lumobi Hata Batak.
  • Molo marumpasa (mamasu-masu) denggan do jouonta goar ni Tuhan anggiat sahat pasu-pasunai, Jala asa tarida muse inkulturasi ni ugamontai.
  • Sude halak na marumpasa ingkon botoonta do unsur-unsur anatomi ni umpasa i asa boi partanggungjawab hononna tu umum lumobi to na umposo.
  • Sae ma/paling godang pasu-pasu i 3 (tolu), alai ingkon umpasa na tingkos. Unang pola Laos sude pinaharuar gate mubajir huhut muse ndang memenuhi syarat. Asing Umpasa asing do Umpama.

Panimpuli/ Parpudi

Ima na boi pinasahat ditonga tonganta dengan banyak kekurangannya.
Alai dia na boi masuk tu rohanta dohot tu pingkiranta boi ta kembangkon jala taulahon.

PEDOMAN :

  • HOT DI DALIHAN NATOLU,
  • ASING LUAT ASING ADATNA,
  • SIDAPOT SOLUP NARO,
  • AEK GODANG TU AKE LAUT, DOS NI ROHA SIBAEN NA SAUT,
  • BALINTANG MA PAGABE TU MONDALHON SITADOAN, ARI NAMARULAON DO GABE MOLO DUNG MARSIPAOLO OLOAN.