Visi dan Misi

Visi:

Perkumpulan berasaskan:
a. Pancasila.
b. UUD Tahun 1945 (Undang-Undang Dasar tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima) dan perubahannya sebagai landasan konstitusional.
c. Peraturan perundang-undangan di bidang organisasi kemasyarakatan, sosial, dan budaya, di dalam wilayah Republik Indonesia sebagai landasan struktural.
d. Dalihan Na Tolu (filosofis atau wawasan sosial-kulturan yang menyangkut masyarakat dan budaya Batak).
e. AD sebagai peraturan dasar Perkumpulan dan Anggaran Rumah Tangga (“ART”) Perkumpulan sebagai penjabaran AD.
f. Keputusan Rapat Anggota dan Keputusan Pengurus sebagai landasan operasional.

Misi:

Perkumpulan melaksanakan fungsinya untuk:
a. Menjaga, melestarikan, dan mengembangkan budaya nasional, adat istiadat, nilai-nilai luhur, filosofi Suku Batak pada umumnya dan keturunan Raja Simataniari Marga Sianturi pada khususnya.
b. Mempersatukan, mengkoordinasikan, mengayomi, melindungi, membina, mempererat hubungan kekerabatan, kekeluargaan, dan persaudaraan dari keturunan Raja Simataniari Sianturi beserta Boru dan Berenya di seluruh dunia, membantu, serta memberdayakan para anggotanya menuju kesejahteraan jasmani dan rohani.
c. Mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, penguasaan teknologi, dan kualitas sumber daya manusia yang menjadi anggotanya sehingga mampu beradaptasi dan berkompetisi pada era globalisasi.
d. Meningkatkan peran serta dan partisipasi aktif dari para anggotanya dalam segala aspek pembangunan di tengah-tengah masyarakat di tingkat nasional maupun global.
e. Menjembatani, menyalurkan, memperjuangkan, dan mewakili para anggotanya untuk menyampaikan berbagai ide, aspirasi, eksistensi, kepentingan, harkat, martabat, kehormatan, dan hak-hak para anggotanya terhadap instansi/institusi pemerintah, badan, lembaga, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
f. Menjadi katalisator, fasilitator, komunikator, mediator, stabilisator, dan sarana bagi para anggotanya di mana pun Perkumpulan dan/atau para anggotanya berada.
g. Membantu, menjadi mitra, serta bekerja sama dengan pemerintah, pemerintah daerah, swasta, lembaga, institusi, badan, organisasi lain, dan pihak lainnya untuk merealisasikan program-program yang diselenggarakannya baik secara nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan dan keberlanjutan organisasi, serta untuk
mencapai maksud dan tujuan Perkumpulan.
h. Melakukan kegiatan menghimpun, mengelola, serta menyalurkan bantuan, sumbangan, dana masyarakat untuk kegiatan sosial, pemberian santunan, bea siswa, pengembangan, pelestarian budaya, adat/tradisi, dan lainlain sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
i. Melakukan kegiatan pembinaan, pendidikan, pelatihan, dan sosialisasi kepada para anggotanya dan masyarakat luas dengan menyelenggarakan berbagai seminar, ceramah, forum diskusi, dan cara-cara lainnya.